Hello readers, seperti judul diatas kali ini kita bakal bahas keseluruhan dari produk-produk zenius yang gue pake saat ini khususnya Xpedia 2.0 Alumni IPC, mulai dari gue beli produknya, pengalaman pake produknya, kekurangan dan kelebihanya dan masih banyak lagi. eitssss inget ya, tulisan gue ini  review pribadi dari pengalaman gue sendiri, bukan orang lain. Jadi buat kalian yang belum pernah pake produk zenius bisa nih baca artikel ini dan jadi bahan pertimbangan kalian yang masih bingung buat beli produk zenius.

BTW buat kalian yang udah penasaran duluan isi dari ZENIUS XPEDIA 2.0 ALUMNI IPC, kalian bisa liat dulu videonya disini

 

PERTAMA TAU PRODUK ZENIUS DARIMANA SIH ?

Cerita sedikit jadi dulu waktu gue kelas 11 SMA, btw sekarang gue udah alumni huhu tua ya:( temen sebangku gue itu ngasih tau tentang mitos golongan darah yang katanya mencerminkan kepribadian, wuih dengaren amat ini temen gue tau beginian. gue tanyalah dia tau darimana, dan yaa.. dia ngasih tau tentang zenius.net ke gue, disitu ada zenius blog yang isinya banyak banget artikel yang menurut gue keren sih, ya.. bisa dibilang beda dari website education lainya dan akhirnya hampir tiap hari gue buka zenius blog buat ngisi waktu kosong di kelas. kesan gue pertama kali buka zenius.net design webnya agak ngebosenin sih, dominasi hitam dan putih. tapi untuk kualitas artikelnya mantap kok!

                                                                                                                                                                   

JADI PREMIUM MEMBER ZENIUS.NET

                                                                                                                                                                   

Singkat cerita karena gue terus-terusan buka zenius.net, gue penasaran sama fitur belajar onlinenya. akhirnya, gue mulai buka video pertama materi ekonomi. ternyata model belajarnya ya kurang lebih seperti di sekolah, guru menjelaskan dan menulisnya di papan tulis. tapi bedanya, kita cuma bisa dengerin suara tutor sama liat tulisanya aja.screenshot_20170109212217

selesai video pertama karena masih penasaran gue play video kedua di materi yang sama, dan yaaa… muncul dah  ginian

screenshot_20170109214023

jeng.. jeng.. bayar ternyata wkwk. antara bete dan penasaran akhirnya gue mutusin beli voucher satu bulan seharga Rp.150.000. BTW, sekarang harganya udah naik jadi Rp.165.000. Betapa senengnya gue saat itu jadi premium member zenius walau cuma satu bulan. Buat pembayaranya juga menurut gue gampang, terutama yang belum punya atm, waktu itu gue milih pembayaran lewat indomaret. tinggal ikutin aja tata cara pemesanan vouchernya trus bayar deh, gampang kan? Ohiya di zenius.net itu ada 3 jenis pengguna, yang pertama itu Guest atau pengguna yang cuma berkunjung aja ke website zenius. Kalo kalian udah Sign in ke Zenius.net kalian bakal jadi pengguna Reguler, ya intinya sih sudah punya akun. nah kalo kalian mau nonton bebas semua videonya kalian harus upgrade jadi pengguna Premium.

Pengalaman gue selama satu bulan pake voucher zenius.net yang pasti BOROS KUOTA, yagimana engga online gitu. tapi tenang aja, bakal lebih awet kuota ketika buka video di zenius daripada di Youtube heheh. yang kedua, kadang suka susah kalo buka lewat HP. sebenernya tinggal diubah aja settinganya, tapi bagi yang baru gunain zenius pasti kesel deh gara-gara gabisa kebuka videonya. selain itu gue juga kadang gabisa nyari soal lewat kolom search yang ada di pojok kanan atas, disitu kita diminta buat masukin kode soal yang akan kita cari. biasanya sih lebih sering gabisa kebuka kalo lewat HP.

Untuk kelengkapan soal di zenius.net itu udah cukup banget, ribuan soal bisa kalian download GRATIS. Materinya lengkap, cuma untuk Materi Akuntansi itu gak ada di bagian kelompok SBMPTN. Gue juga gatau kenapa dan ya mau gak mau kudu buka di Soshum Ekonomi Kurikulum 2013 kelas 12 .

Buat kualitas tutor, gabisa diraguin deh. gue akuin baru kali ini ketemu tutor yang asik banget, bener-bener ngerti konsep dan kalo jelasin materi itu gak ribet. langsung ke intinya tapi udah mencangkup satu bab penuh, menurut gue itu keren banget sih. setiap tutor juga punya ciri khas masing-masing dalam nyampein materinya. ada yang bener-bener jelasin sampe gue ngantuk contohnya sejarahnya bang faisal heheh, ada bang pio yang suka lawak, ada yang buat melek contohnya matematikanya bang sabda. gue kalo belajar matematikanya bagian bang sabda itu suka berasa bego banget gitu, kayak “Hayoh.. cepet ini kali ini berapa? berapa?  yaelah anak SD juga itung-itungan begini bisa”. Itu disitu gue suka mikir, waduh ini kali ini berapa ya. nah kalo kelamaan mikir gue suka sedih aja gitu, selama ini gue ngapain ya ginian aja gabisa wkwk. Ada juga tutor yang gue kurang nyaman, tutornya terbata-bata gitu kalo lagi jelasin, gatau deh aneh aja. Dia tutor geografi, yang pasti bukan bagian materi penginderaan jauhnya bang Pio. Tutornya itu cewek dan gue suka gak ngerti sebenernya saat dia jelasin materi maupun soal dan ketika gue nanya temen yang pake zenius juga 99% mereka bilang “iya asli gamaksud gue belajar geografi, gajelas gitu jelasin materinya”. Ohiya buat kalian yang belom tau tutor zenius lama-kelamaan kalian bakal kenalin suaranya kok. masing-masing tutor suaranya khas terutama bang sabda hehe .

Belom puas belajar pake Zenius.net akhirnya gue naik deh ke produk yang lebih mahal namanya XPEDIA 2.0, widih cakep. Pas itu gue beli di Gramedia seharga Rp.935.000 waktu itu gue mau beli sama reseller tapi ya sedikit mengecewakan soalnya slow respon banget dan saat gue beli di Gramedia pun stoknya kosong, jadi mesti nunggu sampe stoknya ada lagi. BTW Xpedia ini garansinya cuma satu bulan, jadi mending cek dulu semua kelengkapan produknya jadi kalo ada apa-apa bisa dituker. dan  beginilah penampakan luarnya

pt-zenius-education_zenius-xpedia-2-0-ips-k13-dvd-software-sma-kelas-12_full01

Untuk Pengemasanya sih gue liatnya classy gitu, simpel tapi wah. Gak rugi juga kok kita ngeluarin kocek hampir sejuta buat beli Xpedia ini, karena gue beli Xpedia 2.0 Alumni IPC jadi isinya ada 13 item. Kalian bisa liat rincianya disini, enaknya lagi dari Xpedia ini ada fitur tambahan yaitu Zenius Club. Jadi kita dapet voucher zenius club yang aktif sampai bulan agustus buat tanya-tanya sama tutor, sharing pengalaman sama user zenius lain, bahkan sekarang Zenius club udah ngadain Try Out SBMPTN dan sampai sekarang jumlah udah 17 kali Try Out. wow! kalian bisa baca artikelnya disini

PENGALAMAN GUE PAKE XPEDIA 2.0 ALUMNI IPC

CARA PENGGUNAAN, MUDAH! didalam Xpedia juga disedian User Guide yang bakal ngebantu kita juga dalam pengaktifan dan penggunaan voucher.

KUALITAS DAN KELENGKAPAN VIDEO, untuk kualitas itu keliatan banget mana yang video lama dan mana yang baru, mungkin suatu saat zenius mau remake video yang udah lama. video lama terkesan meninggalkan jejak bintik-bintik di layar dan agak ganggu gitu sih liatnya. untuk kelengkapan video, jujur gue kecewa. karena Xpedia gue gaada materi Sosiologinya dan anehnya temen gue ada gitu di CDnya. itusih yang buat gue kesel, lain kali sebelum masa garansi habis kalian harus cek dulu jadi kalo galengkap kaya gue gini kalian bisa minta tuker.

Secara keseluruhan video di Xpedia sama Zenius.net itu sama, cuma materi terbaru yang lebih update itu ada di zenius.net dan yah lagi-lagi kita harus Online dan untungnya kita juga dapet voucher zenius.net yang aktif sampe bulan agustus. BTW, gue gak bisa gunain CD TOOLS AND ZENIUS MODULE ALUMNI. Jadi itu CD gabisa kebuka di laptop gue, waktu gue tanya katanya cuma bisa di PC yang 32 bit sedangkan laptop gue 64 bit. jadi ya semoga kedepanya bisa diperbaiki lagi.

WADAH CD, sepintas wadah dari CD zenius.net ini kayak buku gitu. untuk design keren sih. cuma nih minusnya kadang CD suka keluar sendiri soalnya wadah atau space untuk nyanggah CDnya itu terlalu besar jadi kurang nyaman aja gitu rasanya.

EKSPETASI VS REALITA ZENIUS CLUB, untuk zenius club ini agak jauh dari ekspetasi gue. mungkin suatu saat nanti zenius club bisa dibuat bener-bener diskusi sama tutor. selama lima bulan gue jadi member zenius club, kalo ada pertanyaan yang jawab ya member lain atau engga ya kak qoqom (gue bingung nyebutnya tutor atau pengurus forum). trus yang katanya bisa ngobrol langsung sama tutor lewat pesan di zenius club, gue pernah ngirim pesan ke tutor dari awal gue beli sampe sekarang belom dibales 😦 mungkin bang tutor sibuk. secara keseluruhan sih lumayan, ada forum diskusi buat alumni, Try Out, Membuktikan rumus dll. tapi untuk forum diskusi langsung sama tutor yaaaaaaaa gitu deh. kebayanglah ya..

KEMUDAHAN DALAM BELAJAR, Xpedia ini ngebatu banget buat belajar karena fitur offline nya. video juga bisa diulang-ulang sampe bosen tanpa takut habis kuota cieeh garing.

PERUBAHAN DIRI SEBELUM DAN SESUDAH PAKE PRODUK ZENIUS

Dulu yang namanya belajar itu gue males banget, senyantai-nyantainya orang mungkin gue udah keterlaluan nyantainya. disaat yang lain sibuk belajar buat ulangan dan ribet kalo ada tugas, gue cuma duduk tenang pake headset dengerin lagu sambil corat coret kertas. bahkan dengan gaya nyantai gue yang begitu, jarang banget ada yg nanyain gue “udah belajar belom? tugas udah kelar belom?” karena mereka udah tau gue pasti belom belajar dan belom buat tugas. kurang lebih separah itulah gue jaman SMA, meskipun gue males tapi gue bukan anak nakal disekolah. Gue anak yang aktif organisasi dan hobi dispen, kalo kata temen sebangku gue “lu gaada dikelas 3 hari aja gaada yang sadar”. Beruntungnya gue gapernah bermasalah sama prestasi belajar, paling bobrok gue dapet rangking 13 dan paling poll gue dapet rangking 3. iya rangking 3, gapercaya nih? kok sombong ya astagfirullah wkwk.

gue ngerasa beruntung banget ketemu sama zenius, gue berasa punya pacar gitu ketauan elah jomblonya. Pagi, siang, sore dan malem pun ketemu zenius ya gak bosen. gue baru ngerasain kalo belajar itu seru, nagih rasanya buat belajar lagi dan lagi.. sebenernya kuncinya cuma konsep, beda banget sama cara belajar gue dulu yang ngehafal dan pada akhirnya cuma kesimpen sebentar trus lupa lagi.

Gue sekarang ngerasa belajar itu bukan beban tapi sesuatu yang menyenangkan. dari zenius gue ngerti apa tujuan gue belajar, harus gimana cara berfikir yang benar dan menyikapi hal-hal yang sedang gue hadepin, gue juga bisa belajar cara mengontrol diri dengan baik. intinya lu bisa nemuin banyak banget pelajaran yang gak bisa lu dapetin di bimbel manapun maupun disekolah dan zenius gak janjiin macem-macem buat penggunanya, karena zenius bagi gue itu mencerdaskan siswanya bukan membuat siswanya hanya mendapat nilai bagus saat ulangan dan lolos ujian.

Buat kalian yang punya saran atau masukan buat postingan selanjutnya entah itu review tentang apa kalian bisa comment dibawah, ohiya postingan selanjutnya gue bakal bahas pengalaman gue selama di kampung inggris.

well, mungkin cukup sekian review gue untuk produk zenius kali ini. semoga review gue bisa berfaedah buat kalian, buat yang masih penasaran tentang produk zenius comment  aja ya dibawah. sampai jumpa di  postingan gue selanjutnya… 🙂

 

73 thoughts on “KUPAS TUNTAS PRODUK ZENIUS! #MyStory

  1. Waaaaa… Mira kayaknya cocok nih jadi bloger, tulisannya wes awesome lah buat pemula mir. Tapi ya kok kayaknya muji bang sabda bgt dah elah hihi. Ketauan nih fansnya bang sabda cieee… hehehe

    Liked by 1 person

    • sebenernya sih tergantung pemakaian sehari kepake berapa jam buka videonya, kalo gue agak tekor sih soalnya bisa berjam2 non stop, seminggu 1 Giga kadang juga kurang. pinter2 aja ngehematnya

      Like

  2. Ya ampun demi apa, ini gue bgt haha gue juga males ga ketulungan pas SMA apa apa harus mepet deadline dulu baru dikerjain wkwk tp berkat zenius + pengalaman ditolak PTN + tertekan jadi alumni gue akhirnya punya inisiatif besar buat belajar 😄

    Liked by 1 person

  3. Sama deh kalo gitu sukses deh buat lu juga 😄 eh gue mau tanya sesuatu nih tp kalo gue tanya disini kayanya gak enak deh 😄 hmm bisa minta id line lo gak?

    Like

  4. Sya alumni..gagal masuk PTN thun ini.dn tertarik bgt bljar di zenius utk coba lg thun depan. tpi sya msih bingung. apakah bljar online videonya tdak selengkap apa yg ada di produk XPEDIA 2.0 yg sistemnya offline?

    Like

    • Hai ayas thx sebelumnya udah baca postingan aku😊
      Wah sebenernya malah lebih lengkap dan lebih update di zenius.net (online). Kalo di xpedia 2.0 itu kurang lengkap makanya di paket xpedia 2.0 kita dapet voucher zenius.net selama satu tahun biar bisa liat video update terbaru di zenius.net .

      Like

    • Ngebantu bgt sih di aku mana materinya lengkap trus kumpulan soal buat latihan banyak bgt, asal nih ya kuncinya konsisten belajarnya hihi soalnya emang butuh mental yg kuat buat belajar. 😂

      Like

    • Kamu wajib sabar nabung, nyisihin uang jajan kamu. Tapi kalo masih terlalu mahal kamu bisa beli xpedia yg udah pernah di pake anak zenius tapi gak dia pake lagi, biasanya lebih murah. 😊

      Like

  5. Kak, mau tanya saya kan mau beli zenius di tokopedia tapi gak dapet voucher sama kaosnya, dan harganya 100k an kak, kalo kaya gitu bisa masuk zenius club nya gak? Apa harus beli vouchernya dulu?
    Terima kasih kak🙏

    Like

    • Saya juga pernah bertanya ttg ini ke pihak zenius dan jawaban yg saya dapat adalah zenius sudah berusaha sebaik mungkin untuk menyesuaikan dengan kurikulum nasioal. Jadi video di zenius.net pun sudah banyak yang diperbaharui. Semoga jawabanya membantu yahh terimakasih 😊

      Like

    • waduhh kalo itu sih gabisa, soalnya kalo lagi gunain zenius.net dan temen kamu login nih otomatis punya kamu langsung ke log out. kalo mau patungan harus bagi waktu nih biar gabarengan belajarnya wkwk semangat yaa

      Like

  6. Mau nanya kalo zenius xpedia ada gak materi bahasa inggris STAN sama TPA nya?
    yang intinya di bagian USM PKN STAN ada gak
    😦 takut nyesel beli tapi ternyata gak ada.biar bisa konsisten belajar #aamiin

    Like

    • ngomong-ngomong pengalaman dukaku make zenius di hape sama geografi mirip kakak 😦 makanya mau pake voucer tapi ragu kek dulu
      please reply ya…

      Like

    • Kalo materi khusus buat STAN gitu sih gaada, BTW Xpedia ku tahun 2016 yah jadi gatau nih ada updatenya atau engga buat 2018. Kalo saran aku sih mending voucher aja

      Like

  7. Kak mau tanya kalau buat Soshum mending beli voucher atau Xpedia. Kan klo beli xpedia kyk lbh banyak yg buat Saintek , takutnya nanti malah nggak kepake. Dan kalau boleh tau sekarang kukiah dimana kak 🙂

    Like

  8. Kak mau tanya kalau buat Soshum mending beli voucher atau Xpedia. Kan klo beli xpedia kyk lbh banyak yg buat Saintek , takutnya nanti malah nggak kepake. Dan kalau boleh tau sekarang kukiah dimana kak 🙂

    Like

    • kalo kamu dirumah ada wifi atau gasayang kuota aku lebih prefer voucher sih soalnya di xpedia juga isinya galengkap ujungnya updatetan terbarunya harus liat di zenius.net ya walau di xpedia dikasi voucher zenet setahun trus di xpedia juga ada try out2 online gratis gitu beda sama yg vouvher. tergantung kebutuhan kamu nih. btw dulu xpedia ku yang IPA aku jual ketemen jadi lumayan wkwk aku kuliah di UGM hehe

      Like

  9. Jadi, kalau kita mau fokus belajar prepare sbmptn (saintek) seri produk zenius yg cocok dibeli itu tetep yg ipc ya kak? Soalnya saya lihat2 di beberapa toko online , ga ada zen.xpedia yg terkhusus ke saintek dan terkhusus ke Soshum..

    Like

    • iyaa kalo buat zenius xpedia alumni atau yg khusus buat persiapan sbm emang adanya yg IPC. coba kamu cari temen yg soshum, dulu aku patungan sama temenku yg saintek. jadikan lumayan, sainteknya juga di aku ga mubazir gitu wkwk

      Like

  10. Haai kak..aku amira kelas 9 SMP.
    Aku udah baca blog kakak,bagus bangett..tapi aku masih bingung mending milih xpedia atau voucher. Kalo xpedia katanya kurang update dibanding voucher. Jadi takut gak kepake karna pasti ujung2nya ke zenius.net. nah tapi di xpedia dapet soal soal latihan yg bisa diprint sedangkan voucher enggak kan ya kak? Jadi menurut kakak mending yang mana??

    Like

    • sebelumnya makasihhh amiraa udah baca postingan akuu 😊 akusih saran voucher aja dulu buat nyoba, kalo buat soal di zenius.net juga bisa kok. kamu tinggal buka bagian soalnya aja nanti kan ada tulisan buat downloadnya. jadi kalo kamu pake voucher pun juga bisa download semua soal yang ada di zenius.net 🙂

      Like

  11. waaa blognya bagus bangettt ,aku kerasa banget review honestnya,jadi makin percaya diri ambil zenius buat berjuang di kelas 12/sbm,doain aku bisa nyusul di ugm kaya kamu ya kakkk!!

    Like

    • ruangguru emang lebih menarik secara visual sih menurutku, jadi bisa lebih nangkep apa yang lagi disampein. tapi balik lagi ke selera masing², gabisa berpaling dari zenius sih sejauh ini :’) kalo zenius bisa ngembangin lebih variatif dan lebih lengkap lagi sih lebih bagus

      Like

Leave a comment